Dinas Pertanian Melayani dan Menjadi Mitra
Jl. Menur No. 27 Salatiga - (0298) 325572

Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1440 H Lembaga Amalan Islam (LAI) di Lingkungan Pemkot Salatiga

Upaya memberikan pendidikan kepada masyarakat dan bentuk terima kasih kepada pengkurban, Pemkot Salatiga melalui Lembaga Amalan Islam (LAI) Kota Salatiga menerbitkan Syahadatul Qurban (sertifikat) bagi pegawai/masyarakat yang melaksanakan kurban bersama LAI. Secara simbolis Wakil Walikota Muh Haris menyerahkan Syahadatul Kurban kepada Fakruroji Bin Muhammad Mawardi yang juga Sekretaris Daerah di komplek UPT Rumah Pemotongan Hewan, Jl. Imam Bonjol, Senin, 12/08.

Ketua LAI Kota Salatiga yang juga menjadi Kepala Dinas Pertanian Kota Salatiga Mustain Soeradi mengatakan, pemberian ‘Syahadatul Qurban’ bagi pegawai atau masyarakat yang melaksanakan kurban melalui LAI diharapkan menjadi proses pendidikan bagi pribadi dan keluarga mereka atas ibadah sosialnya.

Ketua Panitia Kurban Saifudin juga menjelaskan bahwa Syahadatul Kurban diberikan sebagai bukti yang bersangkutan telah berkurban. “Suatu saat keluarga atau anak-cucu akan mengetahui bahwa yang bersangkutan telah melaksanakan kurban pada tahun sekian. Hal ini tentunya akan menjadi proses pendidikan bagi keluarga mereka.

Kali ini Syahadatul kurban yang diserahkan sebanyak 28 lembar. Sementara hewan yang terkumpul pada tahun 1440 H/ 2019 ini, sapi sebanyak 4 ekor, dan kambing sejumlah 9 ekor.

Untuk tahun ini penyembelihan hewan kurban LAI dilaksanakan di RPH, dan seperti tahun-tahun sebelumnya daging kurban akan dibagikan kepada tenaga harian lepas di lingkungan Pemkot Salatiga, tenaga kebersihan, dan panti asuhan,” beber Saifudin.

Karena pelaksanaan penyembelihan hewan kurban melalui RPH bertujuan mengurangi dampak lingkungan karena limbah dan pencemaran.

Wakil Walikota dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada LAI Kota Salatiga, segenap panitia dan pengkurban yang berkenan melaksankan kurban bersama LAI Kota Salatiga. Pada kesempatan tersebut Muh Haris juga diminta menyampaikan tausiyah terkait kurban. “Semuanya difasilitasi penyembelihannya dan tidak ditarik retribusi. Adapun untuk proses lain seperti menguliti dan membersihkan jeroan masyarakat bisa mengirimkan petugas ke RPH,” katanya.

Sebagai tambahan informasi pada tahun ini RPH Kota Salatiga memfasilitasi penyembelihan hewan kurban kurban dari masyarakat sebanyak 50 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

Sebelumnya pun dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban dari Ikatan Dokter Hewan Indonesia (IDHI) Kota Salatiga

Sumber : Humas Salatiga, https://jateng.tribunnews.com/2019/08/14/28-sertifikat-khusus-dikeluarkan-pemkot-salatiga-bagi-pengkurban-namanya-syahadatul-qurban

16 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *