Vaksinasi Rabies Gratis

Vaksinasi Rabies Gratis

Salatiga – Dinas Pertanian Kota Salatiga melalui Bidang Peternakan dan kesehatan Hewan (PKH) Menyelenggarkan Vaksinasi Rabies Gratis. Kegiatan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit menular ternak tersebut bertempat di Dinas Pertanian. Dalam kegiatan vaksinasi rebies gratis tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Salatiga Nunuk Dartini, S.Pd, M.Si. Selasa (01/09/2020)

“Tujuan vaksinasi rabies untuk mencegah adanya kejadian dan penyebar luasan rabies serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat (public awaraness) terhadap pentingnya penyakit ini dan kepedulian terhadap kesehatan hewan kesayangan yang dimiliki”. Jelas Kepala dinas Pertanian Nunuk Dartini, S.Pd., M.Si

Rabies merupakan penyakit zoonozis menular kepada manusia atau sebaliknya yang disebabkan oleh lyssavirus dan menyebabkan kematian baik pada hewan atau manusia. Penyakit ditularkan oleh hewan mamalia yang rentan rabies disebut hewan penular rabies (HPR). Beberapa contoh HPR yaitu anjing, kucing, kera, kelelawar, musang, rubah, dll.

Pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit menular ternak tersebut tersedia 80 dosis vaksin untuk 80 ekor HPR (anjing, kucing, kera, kelelawar, musang, rubah, dll) berpemilik yang tinggal di Kota Salatiga. Selama 4 minggu pada hari selasa dan kamis bulan september 2020 dimana setiap minggu dilaksanakan vaksinasi sejumlah 20 dosis (20 ekor). Vaksinator adalah dokter hewan dan paramedis.

 1,106 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *